Minggu, 05 Januari 2014

STATISTIK UJI ANOVA DUA JALUR

STATISTIK

Nama Mahasiswa      : Sri Purwati
NIM                            : 06032681318031
Mata Kuliah              : Statistik Pendidikan

Berikut ini adalah data hasil penelitian eksperimen sebagai berikut.

Variabel Moderator
Metode Pembelajaran
(Hasil Belajar)
A1 (Kelp. Eksp)
A2 (Kelp. Kontrol)
Laki-laki
60
64
48
96
84
60
40
64
100
88
80
48
72
100
52
68
72
64
56
88
64
48
64
64
76
72
28
64
60
96
76
92
36
64
80

88
80
52

20
40
40
60
32
32
20
64
36
52
48
48
28
48
20
28
44
36
24
48
32
28
12
48
40
24
40
40
60
48
40

20
28
52

24
48
12

Perempuan
56
40
20
44
40
36
40
44
80
40
36
44
40
88
52
36
76
36
40
36
52
36
32
56
52
56
36
28
32
48
52
52
20
40
40
32
32
72
36
44
36
20
44
36
40
48
48
24
32
44
40
36
16
20
48
20
32
40
16
20
28
24
48
52
32
24
20
12
36
24
40

48
32
32

40
28
60

Total
78
74

Pertanyaan:
Berdasarkan data hasil penelitian di atas:
1.      Buatlah 3 rumusan masalah
2.      Buat 3 hipotesis
3.      Ujilah permasalahan tersebut dengan menggunakan Uji anova dua jalur.

Pengaruh  Metode Bermain Peran (Role Playing) dan Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang
1.    Rumusan Masalah
a.    Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang yang diajar dengan metode bermain peran (role playing) dengan metode konvensional?
b.    Apakah perbedaan jenis kelamin dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang?
c.    Apakah terdapat interaksi metode bermain peran (role playing) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang?

2.    Hipotesis
a.  Ha : Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode bermain peran (role playing) dengan metode konvensional terhadap mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.
Ho  : Tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode bermain peran (role playing) dengan metode konvensional terhadap mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.
b.    Ha : Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa antara  jenis kelamin  laki-laki dan jenis kelamin perempuan pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.
Ho  : Tidak ada perbedaan  yang signifikan antara hasil belajar siswa antara  jenis kelamin  laki-laki dan jenis kelamin perempuan pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.
c.    Ha: Ada interaksi metode bermain peran (role playing) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.
Ho: Tidak ada perbedaan interaksi metode bermain peran (role playing) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.

3.    Analisis Data
Distribusi Normal

Uji Anova Dua Jalur

Univariate Analysis of Variance







Profile Plots






Berdasarkan tabel tersebut maka:
1. Pengaruh Metode Pembelajaran 
Apabila signifikansi (Sig.) < 0,05 (Alfa) = Signifikan dari tabel di atas 0,00 berarti metode pembelajaran berpengaruh signifikan, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran bermain peran (role playing) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode bermain peran (role playing) dengan metode konvensional terhadap mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.

2.      Pengaruh Jenis Kelamin 
Apabila signifikansi (Sig.) < 0,05 (Alfa) = signifikan. Berdasarkan tabel diatas 0,000 berarti jenis kelamin berpengaruh signifikan. Dengan demikian Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa antara  jenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.

3.      Pengaruh Metode* Jenis kelamin terhadap hasil  belajar di dalam model. Apabila signifikansi (Sig.) <  0,05 (Alfa) = signifikan. Berdasarkan  tabel di atas 0,000 berarti Metode* jenis kelamin berpengaruh signifikan berarti ada interaksi antara metode dikusi dengan jenis kelamin siswa. Dengan demikian Ha diterima artinya ada interaksi metode bermain peran (role playing) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Pinang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar